Terimakasih ! Selamat Datang di BlogSite MGMP IPA Ponorogo - Pusat Pengembangan Inovasi Pembelajaran
RUANG INFORMASI - RUANG INFORMASI

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Untuk Guru IPA SMP/Mts Kab. Ponorogo silakan kirim tulisan/artikel anda ke
e-mail mgmp_ipa_ponorogo@yahoo.com
untuk diposting ke blog kita tercinta....
Indahnya Berbagi

والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Pelatihan Literasi ICT Bagi Participant Teacher.

MGMP IPA PONOROGO, Sebanyak 36 Peserta dari anggota MGMP IPA PONOROGO sebagai Participant Teacher (PT) telah mengikuti Pelatihan Literasi ICT dasar selama 4 hari, terhitung mulai tanggal 23 – 26 Nopember 2009, bertempat di Lab. Com Multimedia SMA Bakti Ponorogo Jawa Timur.

Pelatihan ini diselenggarakan sebagai bentuk pertanggungjawaban MGMP IPA Ponorogo sebagai imbas dari Pelatihan Getting Started Bagi Master Teacher (MT) yang dilaksanakan di LPMP Jawa Timur selama 4 hari (baca postingan lain di blog ini)

Pelatihan Getting Started Bagi Participant Teacher (PT) daerah tertinggal atau terpencil ini dilaksanakan sebagai titik awal dari keseluruhan pelaksanaan program pemberdayaan MGMP daerah terpencil atau tertinggal melalui pemanfaatan ICT untuk mendukung pelaksanaaan tugas profesinya.

Sejalan dengan program pengembangan profesionalisme guru dan peningkatan kesejahteraan secara berkelanjutan, MGMP sebagai wadah yang bagi pengembangan profesionalisme guru merancang satu program peningkatan kompetensi guru daerah terpencil/tertinggal melalui pemberdayaan MGMP berbasis ICT, diantaranya melalui pelatihan semacam ini.

"Saya selaku ketua MGMP berkeinginan agar kegiatan seperti ini dapat menjadikan motivator bagi guru-guru IPA dalam menumbuhkembangkan sistem pembelajaran berbasis TIK". Kata Gunandi selaku ketua MGMP dalam sambutan pembukaanya.

”Melalui pemberdayaan anggota MGMP berbasis ICT ini diharapkan mampu mempercepat pemerataan mutu pendidikan di Ponorogo. Hal ini merupakan program yang pada akhirnya diharapkan dapat memberikan peningkatan profesionalitas guru dalam MGMP di kabupaten Ponorogo melalui kegiatan pengembangan profesionalisme guru dalam literasi TIK” , Lanjutnya.


Metode yang digunakan dalam pelatihan Getting Started bagi PT ini adalah metode ceramah, diskusi, kerja kelompok, dan praktek. Yang berpedoman pada 4 langkah yaitu dimulai dari Perencanaan, Pengerjaan, Peninjauan Ulang dan diakhiri dengan Berbagi Pengalaman. Penggunaan metode yang lebih variatif pada dasarnya bergantung pada tujuan pembelajaran setiap modul.

Tujuan yang diharapkan dari pelatihan literasi ICT dasar bagi Participant Teacher ini
antara lain :

1. Tumbuhnya minat, inovasi dan kreativitas dari para guru dalam memanfaatkan
fasilitas ICT untuk proses pembelajaran maupun pelaksanaan tugas lainnya.

2. Meningkatkan kemampuan guru dalam mengoperasikan fasilitas ICT sebagai
media informasi, komunikasi, dan media pendidikan dalam mendukung
pelaksanaan proses pembelajaran dan pengembangan profesionalisme
berkelanjutan seperti dalam pengembangan KTSP.

3. Terbangunnya jaringan komunikasi dan kerjasama antar profesi guru seluruh
Kabupaten Ponorogo, baik di daerah terpencil/tertinggal maupun daerah lain
yang lebih maju dalam mencari informasi dan berkomunikasi dengan fasilitas
internet.

Semoga Pelatihan Literasi Dasar Bagi Participant Teacher (PT) yang diselenggarakan oleh MGMP IPA Kabupaten Ponorogo ini, benar-benar berguna dan bermanfaat serta yang terpenting dapat diaplikasikan, khususnya bagi guru-guru IPA Ponorogo. Amin.

Dokumentasi Kegiatan :





P
osted by admin


0 komentar:

Posting Komentar


Konsultasi Kesehatan

KOMENTAR

PENGUNJUNG

Link

ADMIN

ALAMAT EMAIL MGMP

mgmp_ipa_ponorogo@yahoo.com
 
MGMP IPA PONOROGO © 2006 All right reserved │ Design By Mas Prap's Shaggil.Com.Studio's