Terimakasih ! Selamat Datang di BlogSite MGMP IPA Ponorogo - Pusat Pengembangan Inovasi Pembelajaran
RUANG INFORMASI - RUANG INFORMASI

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Untuk Guru IPA SMP/Mts Kab. Ponorogo silakan kirim tulisan/artikel anda ke
e-mail mgmp_ipa_ponorogo@yahoo.com
untuk diposting ke blog kita tercinta....
Indahnya Berbagi

والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Sekilas Diklat Literasi ICT Bagi Master Teacher

Selama 4 hari, terhitung mulai tanggal 17 – 20 Nopember 2009, bertempat di LPMP Jawa Timur, telah diselenggarakan Pelatihan Literasi ICT dasar bagi Master Teacher (MT).MGMP IPA Ponorogo sendiri memberangkatkan 6 perwakilan untuk mengikuti pelatihan ini.

Pelatihan Getting Started Bagi Master Teacher (MT) daerah tertinggal atau terpencil ini dilaksanakan sebagai titik awal dari keseluruhan pelaksanaan program pemberdsayaan KKG/MGMP daerah terpencil atau tertinggal melalui pemenfaatan ICT untuk mendukung pelaksanaaan tugas profesinya.

Sejalan dengan program pengembangan profesionalisme guru dan peningkatan kesejahteraan secara berkelanjutan, Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan merancang satu program peningkatan kompetensi guru daerah terpencil/tertinggal melalui pemberdayaan MGMP berbasis (ICT/TIK).

Melalui pemberdayaan anggota MGMP berbasis ICT diharapkan mampu mempercepat pemerataan mutu pendidikan di Indonesia. Hal ini merupakan program yang pada akhirnya diharapkan dapat memberikan peningkatan profesionalitas guru dalam MGMP di kabupaten daerah tertinggal melalui kegiatan pengembangan profesionalisme guru dalam literasi TIK, disamping untuk mendukung pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), kegiatan lesson study/PAKEM dll secara berkelanjutan.
Dengan memperhatikan latar belakang tersebut, Pemerintah melalui Departemen Pendidikan Nasional dalam hal ini Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan (Ditjen PMPTK) merancang Program Peningkatan Kompetensi Guru Daerah Terpencil/Tertinggal melalui pemberdayaan MGMP yang berbasis ICT sebagai sarana pengembangan profesionalisme guru, yang secara khusus untuk peningkatan kompetensi pedagogis dan kompetensi profesional. Sebagai titik awal dari pelaksanaan dari keseluruhan program tersebut diwajibkan bagi MGMP dimaksud untuk mengirimkan Tim Master Teachernya guna mengikuti Pelatihan Getting Started Bagi Master Teacher (MT) Daerah Terpencil atau Tertinggal tahun 2009 di LPMP Jawa Timur.
Pelatihan Getting Started Bagi Master Teacher (MT) Daerah Terpencil atau Tertinggal tahun 2009 , angkatan ini terdiri dari anggota MGMP dan KKG dari Kabupaten Ponorogo dan Madiun yang telah terseleksi sebagai penerima fasilitas ICT, sebanyak 22 kelompok kerja KKG/MGMP sehingga secara keseluruhan total sasaran Master Teacher sebanyak 22 x 6 peserta = 132 pesaerta.
Pelatihan literasi ICT dasar (Getting Started) ini menggunakan paket dari Intel Indonesia Corp dengan ketentuan setiap kelompok MGMP/KKG sebanyak 6 guru sebagai Master Teacher (MT), yang nantinya harus mengimbaskan kepada 6 anggota guru sebagai Participant Teacher (PT) dari MGMP/KKG Masing-masing. Sehingga untuk MGMP IPA Ponorogo sendiri harus memberikan pelatihan kepada 36 PT, begitu juga untuk MGMP/KKG yang lain.
Terlaksananya pelatihan literasi ICT dasar untuk peningkatan kompetensi guru daerah terpencil/tertinggal melalui pemberdayaan MGMP mempunyai tujuan :

1. Tumbuhnya minat, inovasi dan kreativitas dari para guru dalam memanfaatkan
fasilitas ICT untuk proses pembelajaran maupun pelaksanaan tugas lainnya.

2. Meningkatkan kemampuan guru dalam mengoperasikan fasilitas ICT sebagai
media informasi, komunikasi, dan media pendidikan dalam mendukung
pelaksanaan proses pembelajaran dan pengembangan profesionalisme
berkelanjutan seperti dalam pengembangan KTSP.

3. Terbangunnya jaringan komunikasi dan kerjasama antar profesi guru seluruh
Indonesia, baik di daerah terpencil/tertinggal maupun daerah lain yang lebih
maju dalam mencari informasi dan berkomunikasi dengan fasilitas internet.

Pelatihan ini merupakan kerjasama antara Pemerintah Pusat dalam hal ini Departemen Pedidikan Nasional dengan INTEL COORP dalam hal ini INTEL Education. Materi-materi yang disampaikan merupakan matRata Penuheri pengembangan Abad 21 yaitu dengan sistem pendidikan Student Center Learning / Pembelajaran Berpusat pada Siswa, dengan metode PDCA (Plan, Do, Check / Review, Action / Share).

by : admin/shaggil.com studio

1 komentar:

Didik Magetan mengatakan...

Yo...gek ndang di tularne ke teman-teman

Posting Komentar


Konsultasi Kesehatan

KOMENTAR

PENGUNJUNG

Link

ADMIN

ALAMAT EMAIL MGMP

mgmp_ipa_ponorogo@yahoo.com
 
MGMP IPA PONOROGO © 2006 All right reserved │ Design By Mas Prap's Shaggil.Com.Studio's