Terimakasih ! Selamat Datang di BlogSite MGMP IPA Ponorogo - Pusat Pengembangan Inovasi Pembelajaran
RUANG INFORMASI - RUANG INFORMASI

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Untuk Guru IPA SMP/Mts Kab. Ponorogo silakan kirim tulisan/artikel anda ke
e-mail mgmp_ipa_ponorogo@yahoo.com
untuk diposting ke blog kita tercinta....
Indahnya Berbagi

والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Produk Workshop (Diktat Sistem Tata Surya)


DIKTAT PELAJARAN IPA
Oleh: YULI ROMAIYAH. S.Pd
(Hasil Workshop Pengembangan Karir PTK Dikdas MGMP IPA Kab. Ponorogo)

SISTEM TATA SURYA

PengertianTata Surya
Tata surya adalah susunan benda-benda langit yang terdiri atas matahari sebagai pusatnya dan planet-planet, meteroid, komet serta asteroit yang mengelilingi matahari.




Hal ini sesuai dengan teori heliosentris. Yakni teori yang mengatakan bahwa planet-planet bergerak mengelilingi matahari.(dikemukakan oleh Nicolaus copernicus). Teori heliosentris ini mematahkan teori geosentris yang menyatakan bahwa bumi sebagai pusat alam semesta.

           
Anggota Tata Surya
Susunan tata surya terdiri atas: matahari, delapan planet, satelit-satelit pengiring planet, komet, asteroit,dan meteorid.

1.      MATAHARI
        Merupakan pusat tata surya yang berupa bola gas yang bercahaya. Suhu permukaan 6000 0Cdan suhu inti matahari 15-20 juta 0C. 

2. PLANET
Susunan planet mulai dari yang  paling dekat dengan matahari sampai yang paling jauh adalah:Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus.
Jika dilihat berdasarkan garis edar bumi maka planet dibedakan menjadi 2 :
1.      Planet Dalam. Yaitu planet yang letaknya didalam garis edar bumi mengitari matahari.terdiri dari merkurius dan Venus.
  2. Planet Luar. Yaitu planet yang letaknya diluar garis edar bumi mengitari matahari. Terdiri dari Mars, yupiter, saturnus,Uranus dan neptunus. 
  1.      MERKURIUS
Merupakan planet yang paling dekat dengan mata hari, berukuran kecil, Tidak mempunyai atmos fer, permukaan dipenuhi Kawah. Suhu siang hari 4000C.dan malam hari  -2000C

2.      VENUS
Tampak mengkilap karena mempunyai atmosfer yang tebal.
Suhu pada siang hari 500 0C. Venus sering disebut Bintang pagi
Atau bintang senja.karena terlihat berkilau ditimur pada saat
Matahari terbit dan saat matahari tenggelam. Keunikan dari planet venus adalah rotasinya dari timur ke barat (berlawanan arah dengan planet-planet lain)

3. Bumi
Merupakan tempat  kita hidup, mempunyai  Atmosfer, suhu bumi Memungkinkan makluk hidup bisa hidup di planet ini. Lebih dari dua pertiga permukaan bumi ditutupi air. Bumi memiliki satu satelit yaitu bulan

4. Mars
Mars permukaannya berbatu-batu, suhunya lebih dingin dari bumi. Mempunyai kutub es dengan gunung berapi yang masih aktif. Mars berwarna merah disebabkan besi oksida  atau karat sehingga di sebut planet merah.

5. Yupiter
Merupakan planet terbesar, berdiameter 11 kali diameter bumi, bervolume 1300 kali volume bumi. Atmosfer berupa awan yang berputar kencang dengan kelajuan 200 mil /jam

6. Saturnus
Merupakan planet terbesar kedua setelah yupiter. mempunyai cicin berlapis- lapis yang terdiri atas kristal  es. Suhu permukaan -1700C.

7. Uranus
Planet ini terselubung kabut tebal dengan diameter 4 kali, diameter bumi. Ditemukan oleh William Herschel tahun 1781

8. Neptunus
Keadan neptunus hampir sama dengan uranus sehingga kedua planet ini sering disebut planet kembar. Neptunus mempunyai permukaan paling dingin dalam susunan tata surya,  Suhu permukaan -2340C. Mempunyai atmosfer indah berwarna biru laut yang terdiri atas hidrogen dan sedikit helium serta metana
 
DAFTAR PUSTAKA
Prasidjo didik dkk. 2007 Fisika SMP. Yudhistira jakarta
Purwanto budi, Nugroho arianto. 2008 Ilmu Alam dan Sekitarnya. Tiga serangkai solo

0 komentar:

Posting Komentar


Konsultasi Kesehatan

KOMENTAR

PENGUNJUNG

Link

ADMIN

ALAMAT EMAIL MGMP

mgmp_ipa_ponorogo@yahoo.com
 
MGMP IPA PONOROGO © 2006 All right reserved │ Design By Mas Prap's Shaggil.Com.Studio's